Haid tidak lancar, apabila Proses keluarnya darah yang berada pada dinding rahim kurang lebih hingga 7 hari. Umumnya haid terjadi antara 28 hingga 35 hari. Dengan kisaran waktu haid sebanyak 11 sampai 3 kali haid. 

Bagi sebagian besar wanita siklus keluar kurang dari 21 atau lebih dari 35 hari, merupakan pertanda adanya masalah. Bagaimanakah ciri dari haid yang tidak lancar tersebut?

Siklus Haid tidak lancar

Wanita yang mengalami masa haid yang panjang atau pendek dapat dikatakan tidak lancar. Apabila haid tersebut dimulai dari kurang 21 hari hingga lebih dari 35 hari. 

Namun, terdapat pula faktor yang mendukung penyebab haid tersebut, yaitu dengan perubahan yang terjadi di setiap bulannya. Untuk volume darah yang keluar pun banyak dan terkadang pula sedikit.

Terdapat sebuah ciri-ciri yang perlu Anda ketahui agar dapat diwaspadai. Apa sajakah itu?  Berikut adalah informasinya

Terjadi pada tahun pertama ketika haid

Haid yang tidak lancar diakibatkan adanya hormon yang tidak seimbang. Biasanya terjadi ketika tahun pertama di masa haid.

Apabila keluarnya darah haid bukan karena pada saat tahun pertama keluar. Dapat dikatakan sebagai haid yang bermasalah, contohnya adalah:

  • Metrorrhagia, Haid tersebut tidak teratur akan tetapi selalu rutin mengalami haid setiap bulan.
  • Oligomenorrhea, wanita dikatakan sebagai kategori ini Apabila siklus haid lebih dari 35 hari. Jika dihitung dalam waktu setahun maka haid yang dapat terjadi hanya 6 hingga 8 kali.
  • Menometrorrhagia, kategori ini adalah termasuk ke dalam pendarahan haid yang sudah terjadi sejak lama. Untuk volume yang keluar rutin dan sangat banyak.
  • Amenorrhea, Jika Anda mengalami kategori ini, maka dapat dipastikan bahwa tidak akan mengalami haid selama kurang lebih 3 bulan.

Itulah beberapa kasus yang sering dialami oleh sebagian besar wanita. Lantas apakah penyebab dari haid tidak lancar tersebut?

Penyebab haid tidak lancar

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa haid bermasalah di awal tahun atau biasa disebut dengan masa pubertas. Selain disebabkan oleh faktor pubertas. 

Terdapat pula faktor lain, yaitu masa dimana akan terjadinya menopause. Jika tidak mengalami hal keduanya, maka dapat dipastikan terdapat faktor lain yang menyebabkan terjadinya hal tersebut, apa sajakah itu?

Penyebab Kehamilan

Apabila mengalami haid terlambat, cobalah periksa apakah Anda sedang hamil. Biasanya dokter kandungan akan mengarahkan melakukan cek USG atau tes kehamilan.

Menggunakan Alat kontrasepsi

Program KB merupakan penyebab dari adanya perubahan jadwal haid. Sebagai contoh penggunaannya alat pelindung hamil, ini yaitu IUD. 

Biasanya dengan menggunakan IUD dapat mengakibatkan si pasien mengalami darah yang keluar lebih banyak daripada biasanya. Terkadang pula akan mengalami perut sakit saat sedang haid. 

Selanjutnya adalah penggunaan Pil KB yang dapat mengakibatkan darah haid keluar lebih sedikit saat awal bulan. Bisa juga sebaliknya yang mengalami keluar darah haid lebih banyak. 

Rutinitas sehari-hari

Seorang wanita yang mengalami stress berlebihan. Selain itu, ini ia juga pelaku yang sering melakukan olahraga.

Dapat dipastikan ia akan mengalami  haid tidak lancar. Selain itu, faktor kegemukan pun dapat memicu pengaruh tentang siklus haid.

Adanya Kista 

Penyebab lain yang sangat perlu diperhatikan adalah adanya segerombolan kista kecil yang hidup di dalam indung telur. Keberadaan inilah yang membuat hormon menjadi memburuk atau kacau.

Sebagai contoh ketika testosteron sedang meningkat melebihi batas. Maka wanita hanya akan memiliki stok hormon sedikit.

Ketidaknormalan yang terjadi menyebabkan pelepasan sel telur yang tidak sempurna. Inilah mengapa akhirnya seorang wanita tidak mengalami haid dan darah yang keluar menjadi lebih sedikit. 

Adanya Tiroid

Di sekitar area leher terdapat sebuah kelenjar tiroid. Di mana kelenjar ini memproduksi hormon untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. 

Apabila kelenjar tiroid sedang mengalami masalah. Proses haid pada wanita pun menjadi terkendala. 

Jika hal demikian terjadi bersegeralah menghubungi dokter. Agar segera di cek darah untuk mengetahui di mana level hormon tiroid yang ada pada darah.

 

Haid tidak lancar memiliki berbagai jenis penyebab. Jika hal ini menimpa Anda maka sebaiknya bersegeralah menghubungi dokter. Agar mendapatkan penanganan yang serius. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.